Seven Summits Of Indonesia

Seven Summits Of Indonesia

Seven Summits Indonesia adalah 7 Puncak Gunung tertinggi dari beberapa pulau besar di indonesia. Indonesia terdiri dari 5 pulau besar yaitu Kalimantan, Papua, Sumatera, jawa dan sulawesi. Pulau – pulau kecil lain dibagi menjadi 2 kepulauan besar yaitu kepulauan Maluku dan kepulauan Sunda. Dari 5 pulau besar dan 2 kepulauan besar tersebutada 7 puncak tertinggi di Indonesia yang akrab disebut Seven Summits Indonesia.

Logo Seven Summis Indonesia sudah terdaftar di HAKI sejak tahun 2014. Gambar 7 segitiga yang berbeda warna mewakili masing – masing 7 puncak tertinggi di indonesia.
  • Warna Abu – Abu Mewakili Gunung Cartenzs dengan ketinggian 4.884 mdpl
  • Warna Merah Mewakili Gunung Kerinci 3.805 mdpl, Gunung Rinjani 3.726 mdpl dan Gunung Semeru 3.676 mdpl yang merupakan gunung berapi aktif
  • Warna Hitam Mewakili Gunung Latimojong 3.443 mdpl, Gunung Binaiya 3.027 mdpl dan Gunung Bukit Raya 2.278 mdpl
  • Warna Hijau Diartikan Sebagai hamparan hutan subur bagian dari gunung – gunung tersebut

Berikut adalah Seven Summits Indonesia

Pegunungan Jaya Wijaya, Puncak Cartenzs Pyramid 4.884 mdpl

Cartenzs

Puncak Cartenzs Pyramid adalah gunung tertinggi di papua dan Indonesia yang juga masuk dalam 7daftar puncak tertinggi Dunia. Dengan ketinggian 4.884 mdpl, gunung ini merupakan gunung karang yang diselimuti Salju Abadi. Puncak Cartenzs juga merupakan budget pendakian paling mahal di indonesia.

Rute Pendakian bisa melalui jalur Utara (ilaga) atau Singa dan jalur selatan (Tembagapura).

Koordinat 04º 03′ 48″ LS 137º 11′ 09″ BT

Gunung Binaiya, Puncak tertinggi di Kepulauan Maluku
Binaiya
Puncak gunung tertinggi di kepulauan Maluku adalah puncak Gunung Binaiya (Binaia) dengan ketinggian 3.027 m dpl. Dan. Gunung tidak berapi ini terletak di pulau Seram dalam wilayah Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

Rute pendakian kepuncaknya bisa dimulai dari desa Kanike

koordinat 3° 10′ LS dan 129° 28′ BT

Puncak Rantemario Gunung Latimojong; Puncak tertinggi di Pulau Sulawesi
Rante Mario
Puncak gunung tertinggi di pulau Sulawesi dipegang oleh gunung Latimojong dengan puncak tertingginya bernama Rante Mario memiliki ketinggian 3.478 m dpl. Pegunungan Latimojong yang merupakan gunung tidak berapi ini berada di kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.


Rute pendakiannya bisa dimulai dari desa Karangan

koordinat 3° 22′ 54″ LS 120° 1′ 43″ BT.

Gunung Bukit Raya; Puncak tertinggi di Pulau Kalimantan
Bukit Raya
Puncak gunung tertinggi di Kalimantan sebenarnya adalah gunung Kinabalu namun gunung tersebut berada di wilayah Malaysia. Sedang puncak tertinggi dalam “The Seven Summits of Indonesia” dari kalimantan adalah Gunung Bukit Raya dengan ketinggian 2.278 m dpl. Gunung tidak berapi yang merupakan bagian dari Muller Schwaner ini terletak di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

Rute pendakian bisa dimulai dari Nanga Popai, Kalimantan Barat.
koordinat 112º 07′ BT dan 00º 24′ LS.

Gunung Rinjani; Puncak tertinggi di Kepulauan Nusa Tenggara dan Bali
Rinjani
Puncak tertinggi di Bali dan Nusa Tenggara adalah Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 m dari permukaan laut. Gunung berapi ini berada di pulau Lombok propinsi Nusa Tenggara Barat.

Rute pendakian bisa dimulai dari desa Sembalunlawang.
koordinat 8° 25′ LS 116° 28′ BT

Puncak Mahameru Gunung Semeru; Puncak tertinggi di Pulau Jawa
Semeru
Puncak tertinggi di pulau Jawa adalah Puncak Mahameru yang merupakan puncak dari Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676 m dpl. Gunung ini berada di propinsi Jawa Timur di antara wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang.

Rute pendakian gunung dapat dimulai dari Desa Ranupane
Koordinat 8° 6′ 28″ LS, 112° 55′ 12″ BT

Puncak Indrapura Gunung Kerinci; Puncak tertinggi di Pulau Sumatera
Kerinci

Puncak Gunung tertinggi di pulau Sumatera adalah Puncak Indrapura di Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.800 m dpl. Gunung berapi ini Berada di perbatasan propinsi Sumatera Barat dan Jambi.

Gunung ini bisa didaki dari rute di desa Kersik Tuo
Koordinat 10°45,50′ LS dan 1010°160′ BT

Itulah Seven Summits Of Indonesia, kira- kira gunung mana yang jadi planing sahabat untuk kamu daki kedepannya, Semoga bermanfaat terimakasih telah berkunjung.
Load comments